A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Banjir Aceh Barat

Banjir Aceh Barat

Selasa, 25 Oktober 2016 10:05:08 admin editor bpbd

Banjir di Aceh Barat meluas dari 71 desa menjadi 139 desa di sembilan kecamatan, Rabu (19/10/2016). Tim penanggulangan bencana kesulitan mengevakuasi warga karena jumlah perahu karet terbatas. Sementara di Aceh Jaya dan Nagan Raya banjir mulai surut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Teuku Syahluna Polem ketika dihubungi mengatakan, hujan deras terus mengguyur Aceh Barat sehingga banjir meluas.

"Saat ini masih hujan. Kami khawatir jika hujan tidak berhenti semakin banyak desa yang terendam," kata Syahluna.

Tim penanggulangan bencana yang terdiri dari BPBD, SAR, TNI, Polri, dan tim Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) mengevakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi. Beberapa posko pengungsian dibuka, tetapi lebih banyak warga yang mengungsi ke rumah kerabat. Sebanyak 49.856 warga terdampak banjir.

"Kami kesulitan mengevakuasi warga karena perahu terbatas. Kami hanya punya 12 perahu karet, sebagian kondisinya bocor," ujar Syahluna.

Keterbatasan perahu juga membuat tim kesulitan mendistribusikan bantuan logistik. "Kami fokuskan dulu evakuasi orang lansia (lanjut usia), perempuan, dan anak-anak," kata Syahluna.

Dari sembilan kecamatan tersebut, banjir paling parah terjadi di Woyla dan Meuruboe. Ketinggian air di beberapa titik mencapai 1,5 meter. Air merendam rumah warga dan jalan. Debit air di Sungai Woyla dan Meurubo cukup tinggi. Dengan intensitas hujan sedang saja, kata Syahluna, sungai akan meluap kembali.